Thursday, July 18, 2013

makanan yang baik untuk berbuka puasa......

5 Asupan Terbaik untuk Berbuka Puasa

Aneka makanan yang mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat.
Aneka makanan yang mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat. (sumber: Triwest)
Jakarta - Setelah jam puasa berakhir, banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan makanan dan minuman yang harusnya diutamakan.
Karena sudah dibutakan dengan rasa lapar dan haus, makanan yang pertama dilihat biasanya itulah yang menjadi santapan pertama, entah itu coklat, mie ayam atau sepotong kue dengan krim.
Sementara kebanyakan sajian yang disajikan saat berbuka puasa adalah beragam makanan lezat yang langsung dapat memuaskan rasa lapar setelah seharian berpuasa. Apakah ada cara bersantap makanan sehat untuk berbuka? Jawabannya: Ada.
Untuk makanan pembuka, para pakar kesehatan menyarankan agar berbuka puasa dengan makanan yang lebih mudah dicerna dahulu untuk mencegah masalah lambung.
Langsung mengonsumsi makanan yang berat dan sulit dicerna, seperti roti, gorengan, daging, dan produk berbahan susu dapat mengganggu pencernaan, khususnya bagi yang lambungnya sensitif.
Jadi, makanan dan minuman apa yang harus kita konsumsi pertama kali saat bedug puasa terdengar?
Air Putih
Apa yang pertama kali diambil saat buka puasa? Sepiring makanan atau segelas besar air putih? Walau banyak orang menjawab air putih, kenyataannya sebagian orang memilih untuk mengisi piring makannya dahulu sebelum benar-benar menghabiskan satu gelas (atau hingga dua gelas) air putih.
Semangka
Walaupun buah segar biasanya dijadikan sajian penutup saat makan, sebenarnya buah-buahan seperti semangka, melon, anggur sangat bagus untuk dimakan saat awal berbuka karena mengandung banyak air. Buah-buahan tersebut dianggap sangat baik dimakan karena tidak sulit dicerna dan secara cepat memberikan tubuh energi dan nutrisi baru. Hindarilah buah-buahan yang mengandung asam, seperti belimbing atau nenas, karena kandungan asamnya tidak baik untuk lambung.
Sup sayuran
Setelah mengonsumsi beberapa potong buah, makanan sehat berikutnya adlaah sup sayuran. Seperti yang telah kita ketahui, saat kita mengalami sakit perut atau flu, sup adalah makanan yang paling bersahabat karena mudah diterima perut dan juga mudah dicerna. Sayuran yang dimasak dalam sup juga akan mengisi tubuh kita dengan berbagai vitamin dan mineral.
Ubi
Buah dan sayuran sehat telah kita makan. Tentu kita ingin makan makanan yang lebih padat, yaitu karbohidrat. Setelah mengisi sistem pencernaan dengan buah dan sayur, kita bisa mulai mengonsumsi karbohidrat kompleks. Dibandingkan roti atau nasi, ubi dianggap sebagai sumber karbohidrat yang baik karena selain sebagai sumber energi, ubi tidak membuat kadar gula darah kita langsung meroket tinggi. Ubi mengandung beta-karotin, vitamin C dan potasium.
Telur
Selain mudah dicerna (dan sangat mudah disiapkan), telur adalah salah satu cara termudah untuk mengembalikan tubuh kita dengan asupan protein. Satu butir telur mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi dan sembilan kandungan asam amino penting.
Penulis: Febriamy Hutapea/FEB
Sumber:JPost
 

0 komentar:

Post a Comment