Friday, February 15, 2013

MAD SOSIALISASI PNPM MANDIRI INTEGRASI 2013

DURI(FG): Kamis (14/02/2013) bertempat digedung Bathin Bertuah Kantor Camat Mandau, acara sosialisasi ini digelar, dalam kesempatan ini hadir Sekcam Mandau, Ketua BKAD Kecamatan Mandau Bpk. H. Anwar Ujang beserta Jajarannya, Kasi PMD Bpk. Kaharudin SH.MA, Nara sumber BPMPD, Anggota DPRD Bengkalis Bpk. H. Drs. Darmizan.Msi. Dalam hal ini juga dilibatkan pihak-pihak yang terkait program PNPM mandiri Perdesaan Integrasi diantaranya, TPK kec. Mandau, UPK kec. Mandau, KPMD/K se Kecamatan Mandau, serta Fasilisator-fasilisator dari PNPM Mandiri Kabupaten dan Kecamatan.

FOTO: Dari kiri, Bang Ben, Kasi PMD, Sekcam Mandau, Anggota DPRD, Dan Ketua BKAD Kec. Mandau

Dalam kesempatan penyampaiannya Kasi PMD, menginformasikan bahwa sejak masuknya PNPM mandiri pada tahun 2009 ke bengkalis, masuknya ke kecamatan mandau pada tahun 2011 banyak meningkatkan Ekonomi Masyarakat, pembangunan infrastruktur jalan, dan sekolah. Pihak Excekutif dan Legislatif sangat mendukung program ini, dengan menambah anggaran dana dari 1 Milyar menjadi 12 Milyar yang ditanggung APBD, serta dari APBN 3 Milyar total menjadi 15 Milyar untuk tahun 2013 ini,seperti yang beliau sampaikan. Penambahan dana ini sangat membantu sebab jika dibandingkan dari tahun 2011 ( dana 5 Milyar), sedangkan pada tahun 2012 (dana 7 Milyar), dan pada tahun ini 2013 anggaran dana menjadi 12 Milyar.


Timbul Pertanyaan dari masyrakat, mengapa perlu PNPM integrasi ini dibentuk dikecamatan Mandau ini ?
Ketua Fasilisator PNPM Integrasi, yang disapa bang Ben, mengatakan bahwa perlunya karena :

  1. adanya mekanisme yang berjalan sendiri-sendiri
  2. sumber dana sendiri-sendiri
  3. dinas yang bekerja sendiri-sendiri
  4. kebijakan yang reguler, dan tidak berjalan  
dana yang paling penting dana yang dikelola oleh masyarakat hanya 0,0001-0,0002 % saja, makanya perlu dana dikelola langsung oleh desa/kelurahan, biar masyarakat yang mengelola, mengawasi, dan merasakan nya langsung manfaatnya, begitu yang beliau sampaikan.(fg/)

 

0 komentar:

Post a Comment